Home » » Perbedaan anime dan manga

Perbedaan anime dan manga

Assalamualaikum wr.wb


Kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan anime dan manga.
Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan pengertian mengenai anime, dan pastinya kalian sudah tahu apa itu anime. Lalu bagaimana dengan manga? apa itu manga? apa perbedaan manga dan anime? mari kita bahas satu persatu.

Manga (漫画) yang berarti kata "komik" dalam bahasa jepang, Manga biasanya tidak memiliki warna atau gambarnya tidak diberi warna apapun alias "hitam putih" namun ada juga anime yang memiliki warna. Nah setelah mendengar kata komik pasti kalian sudah bisa membayangkan seperti apa itu manga, berikut beberapa gambar manga.


Contoh manga one piece


Contoh manga One pice with colour 

Begitulah contoh manga, dan orang yang membuat sebuah manga disebut "Mangaka", sedikit informasi manga tersukses yang pernah ada adalah One piece karya Eiichiro Oda. Sampai sekarang pun anime dan manganya masih berlanjut.

Perbedaan terbesar dari anime dan manga adalah dari segi visualisasi, dalam anime karakter dan ceritanya dibuat bergerak sedangkan di manga hanya berupa gambaran mengenai ceritanya yang berupa sketsa. Atau dalam artian anime mempunyai gambaran cerita yang jelas, sementara manga gambaran ceritanya dipikirkan atau dibayangkan oleh pembaca.

Manga juga adalah cikal bakal sebuah anime, lewat sbuah manga produser dapat membuat anime yang sangat menarik tanpa mengurangi nilai dari sebuah manga. Seperti dalam salah satu anime yang berjudul "Bakuman" dimana seorang laki-laki bercita-cita menjadi mangaka dan membuat manganya menjadi anime.





Jadi kalian lebih memilih apa? anime atau manga?


Kesimpulannya, untuk orang yang gemar membaca dan mempunyai imajinasi yang tinggi manga lebih menarik dari pada anime, namun bagi orang yang lebih menyukai film atau gambaran nyata dari sebuah cerita dan tidak terlalu gemar membaca anime lebih menarik dari sebuah manga

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini mengenai perbedaan anime dan manga, terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. 

Wassalamualaikum wr.wb.
Share this article :

Posting Komentar