Home » » Masuknya anime di Indonesia

Masuknya anime di Indonesia



Assalamualaikum wr.wb.

Di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang “Sejarah anime”, yang mau membacanya silahkan baca disini. Namun di artikel sebelumnya itu saya membahas secar garis besarnya saja, dan disini saya akan membahas “Masuknya anime di Indonesia”.


Siapa sih yang tidak mengenal anime? Sebagian besar remaja masa kini pasti sudah mengetahui anime. Lalu bagaimana anime bisa masuk ke Indonesia?

Anime pertama kali muncul di Indonesia sekitar tahun 1980-an, yang saat itu hadir dalam bentuk video kaset seiring populernya mesin video beta. Trio video tara sebagai distributor resmi anime di indoneia pada saat itu, berperan besar dalam peredaran dan perkembangan anime di Indonesia. Dan pada saat itu juga anime langsung menjadi trend masyarakat Indonesia, meskipun anime berbeda dengan animasi buatan eropa dan barat yang sebelumnya mendominasi film-film animasi Indonesia, namun masyarakat menilai anime sebagai bentuk hiburan baru yang menarik sehingga meraih popularitas di tanah air, kebanyakan penonton anime pada masa itu adalah anak-anak.

Anime yang masuk di Indonesia adalah anime-anime popular yang dibuat pada era 1970-an, seperti anime yang bergenre fiksi yang berceritan tentang mecha (Robot besar), ada juga anime yang bergenre komedi seperti doraemon, darama romance seperti Candy-candy, dan genre sport seperti Tsubasa.

 



Stasiun televisi Indonesia yang menyiarkan anime pada masa itu adalah TVRI, yang menayangkan anime Kum-kum. Sejak saat itu anime mulai populer di kalangan masyarakat. Namun di tahun-tahun berikutnya anime mengalami pasang surut dan sempat vakum seiring berakhirnya era mesin video beta, hal ini juga dikarenakan stasiun televisi lebih bnyak member jam tayangnya untuk animasi buatan eropa atau amerika. Yang di anggap lebih mudah mendapat popularitas di masyarakat.



Tahun 1990 anime mulai kembali eksis dan stasiun-stasiun televisi baru seperti RCTI,SCTV, dan indosiar gencar menayangkan anime yang kemudian sekali lagi anime menjadi hits dan populer di Indonesia. Doraemon,  saint seiya, sailor moon, magic knight, dragon ball dan masih banyak judul anime yang pernah di tayangkan oleh stasiun televisi indonesia sehingga secara tidak sengaja mendukung perkembangan anime di Indonesia.

Tahun 1991 anime doraemon pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat yang pada saat itu di tayangkan oleh RCTI. Kisah serial doraemon yang menampilkan kehidupan sehari-hari dan karakter doraemon, nobita dan teman-temannya menjadi sangat popular di kalangan anak-anak bahkan hingga orang dewasa. Hal ini dikarenakan meskipun ceritanya sederhana namun di tampilkan secara menarik sehingga anime ini masih bertahan hingga selama lebih dari 20 tahun sejak pertama kali ditayangkan.

Namun di karenakan terjadinya krisis ekonomi di Indonesia, anime kembali dalam masa kritis. Hal ini terlihat dari penurunan jumlah jam tayang anime di TV Indonesia, yang memunculkan kekhawatiran bagi para otaku di Indonesia bahwa sekali lagi anime harus berakhir.

Tapi anehnya di akhir tahun 1990-an anime kembali booming dan trend karena munculnya anime pokemon yang membuat masyarakat menjadi demam pokemon.  Dan munculnya distributor resmi  yang akan memenuhi kebutuhan otaku akan masuknya banyak anime di Indonesia. Sejak tahun 1999, Tora Home Entertainment  selaku pemegang lisensi di Indonesia, bekerjasama dengan pihak Animation International Ltd(AI) yang merupakan distributor anime dari studio-studio ternama jepang. Dengan adanya kerjasama tersebut, pihak Tora Home Entertainment berhasil mendapat ijin resmi untuk mendistribusikan sejumlah anime-anime populer seperti Neon Genesis Evenglion, Flame of Recca, Macross dan lain sebagainya yang beredar dalam bentuk VCD.

 
Hingga sekarang anime masih tayang di beberapa televisi nasional, dengan gambar yang lebih jelas karena majunya teknologi. Namun kebanyakan masyarakat lebih memilih menonton anime secara online atau mendownloadnya untuk ditonton di PC dan smartphone, karena lebih mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan televisi-televisi Indonesia zaman sekarang lebih banyak menayangkan sinetron dari pada anime, mungkin karena sinetron adalah karya anak bangsa atau ada hal-hal tertentu yang membuat televisi Indonesia lebih memilih sinetron dari pada anime. Bagaimana pun itu hak mereka, tetapi akan lebih bagus jika stasiun televisi Indonesia kembali menayangkan anime seperti dulu. Walaupun begitu hal tersebut tidak terlalu berpengaruh bagi para penggemar dan penikmat anime zaman sekrang.

Cukup sekian artikel saya ini, terimakasih atas kunjungannya.

Wassalamualaikum wr.wb.  
Share this article :

Posting Komentar